Sunday, April 28, 2013

Smart Traveler

Jadi seorang pelancong memang harus smart (khususnya untuk kaum pekerja dengan waktu dan dana terbatas). Kita senantiasa harus memutar otak untuk urusan standar semacam menentukan akomodasi, menyusun itenerary,  atau mengurus visa. Termasuk dipusingkan dengan urusan tetek bengek yang tidak bisa disepelekan. Mencari cara untuk memuluskan cuti, mempersiapkan barang bawaan, menukarkan uang, dan sebagainya.. Ribet kan ? (murah kok minta enak.. Ha3x..)

Banyak pertanyaan dan kekhawatiran seringkali muncul ketika mempersiapkan sebuah trip. Gimana sih caranya dapat tiket murah? Bisa gak sih booking hotel tidak harus bayar dahulu ? Atau amankah pergi sendirian ke Eropa? Gimana sih kalo pengen kenalan sama orang lokal? Nah, untuk kita para backpacker pemula (salah satunya saya) atau pejalan yang maunya murah namun males repot (saya anggotanya), berikut ada beberapa situs yang layak dijadikan panduan (catatan: saya sudah menggunakan. trust me, it works..)

1. SKYSCANNER (www.skyscanner.com)

Situs besutan Gareth Williams ini berani menyebut dirinya sebagai global travel searching machine terkemuka di dunia. Cukup masukkan kota keberangkatan, kota tujuan dan tanggal penerbangan, kita akan mendapatkan seluruh penerbangan yang mungkin. Pilihan jam, maskapai, dan jenis penerbangan (direct/transit) akan disajikan secara lengkap. Nah, silahkan tentukan saja sesuai kebutuhan, dana, dan rute yang ingin dilalui.

Tidak hanya menyediakan perbandingan online seketika untuk penerbangan di lebih dari seribu maskapai penerbangan, Skyscanner juga menyediakan penyewaan mobil, hotel, paket liburan, dan asuransi perjalanan. Baca selengkapnya tentang kisah Skyscanner di sini.

Kelebihan lain, situs ini mampu menghubungkan kita ke maskapai penerbangan atau biro travel online (expedia, tripsta, ebookers, tiket.com) untuk melakukan pemesanan secara langsung. Saran saya, silahkan cek melalui website resmi maskapai untuk membandingkan mana yang paling hemat. Selain itu,cermatlah melihat perbandingan fasilitas yang di dapat selama penerbangan, seperti check-in bagage dan inflight meal. Satu kelemahan yang saya temukan di situs ini adalah tidak mampu menampilkan great sale early bird yang sedang diadakan oleh suatu airlines.

2. HOSTELWORLD (www.hostelworld.com)

Hostelworld cocok untuk kita (saya khususnya) yang seringt bingung mencari penginapan murah.  Mengusung tagline "Home to the world's greates Hostels & B&Bs", situs ini mempunyai chanel ke 35,000 penginapan di 180 negara. Saya sangat merekomendasikan situs ini karena kita hanya perlu membayar 10% deposit saat booking, sisanya akan kita bayar cash saat check-in. Amankah ? Hostelworld menjamin booking guarantee 100%, mereka menjanjikan ganti rugi sebesar 50 USD jika ada masalah terjadi (alhamdulillah tidak mengalami). Bagaimana dengan perubahan atau pembatalan pesanan ? Cukup mudah, kita hanya perlu mengirim email konfrimasi ke hostel yang bersangkutan. Prinsipnya, hostelworld hanya menjamin ketersediaan kamar anda, selebihnya silahkan berkomunikasi langsung dengan pihak hostel.

Namun, harus diingat mengenai cancelation policy nya. Kita harus mengirim perubahan atau pembatalan minimal dua hari sebelum kedatangan. Apabila tidak datang atau tanpa konfirmasi, hostel akan memberlakukan charge 1 malam ke kartu kredit (seperti yang saya alami). Sejauh ini, perubahan jadwal atau pembatalan yang saya lakuan di hostel Darwin, Singapore, dan Rome selalu berhasil dengan aman sentosa.

Satu kekurangan, situs ini memberlakukan service charge sebesar 2 USD/booking. Saran saya, jika berencana melakukan banyak pemesanan, lebih baik mendaftar sebagai Gold Member. Dengan 10 USD, kita akan terbebas dari biaya booking selama satu tahun penuh. Nah, silahkan sesuaikan dengan rencana pemakaian.

3. COUCHSURFING (www.couchsurfing.org)

Bagaimana agar tidak merasa bosan dan kesepian saat solo-traveling yang cukup lama? Nah, couchsurfing ini jawabannya. Awalnya, saya mengenal CS (sebutan populer couchsurfing) hanya sebagai media untuk mencari tumpangan menginap gratis. Lebih dari itu, sang CS-founder Casey Fenton mendirikan situs ini dengan filosofi mulia sebagai  non-profit organization yang memungkinkan sesama traveler untuk menjamu tamu (hosting) dan menjadi tamu (surfing). Selain membantu, interaksi antara host dan surfer akan mendorong pemahaman budaya sehingga dapat menumbuhkan sikap toleransi.

Dalam perkembangannya, CS berubah menjadi organisasi dengan nama B Corporation. Hal ini terjadi karena usaha sang pendiri selama bertahun - tahun untuk menjadikan CS sebagai organisasi non-profit di US mengalami kegagalan. Pemerintah menganggap kegiatan hosting dan surfing bukan termasuk charitable activites. Meski banyak anggota generasi awal yang merasa kecewa, CS malah menjadi semakin populer. Satu hal yang menenangkan, situs ini menjamin bahwa keanggotaan kita akan selamanya bersifat free. Kita hanya perlu mengeluarkan biaya untuk verifikasi data (nama asli dan alamat tinggal) sebesar 10 USD.



Bagi sebagian orang (Indonesia terutama), menginap di rumah orang yang belum kita kenal akan terasa aneh dan menyeramkan. Maka, cerdaslah dalam memilih host (mengirim undangan atau menerima undangan orang). Bacalah profil calon host secara detail, termasuk referensi dari surfer yang menginap disana sebelumnya. Bagaimana dalam memilah permintaan menginap dari surfer? Pastikan bahwa kita telah menulis profil kita secara lengkap. Khususnya mengenai fasilitas yang akan kita berikan (room, bed, etc), jenis kelamin yang bisa kita terima (prefered gender), jumlah yang dapat kita tampung (max no. of surfer), dan aturan yang musti dipatuhi (apakah diijinkan  membawa animals, children, smoke, drink alcohol, etc). Jangan segan menulis aturan tambahan yang kita inginkan, misalkan tidak menerima pasangan yang belum menikah, dsb.

Meski bersifat gratis, tidak ada salahnya kita membawakan oleh - oleh untuk host. Silahkan cari tau apa yang dia suka dari profilnya. Apabila tidak ada, bawakan barang unit dan etnik dari negara kita. Itung - itung sebagai promosi pariwisata kita.. 
-----------------------------------------

Travel booming memicu munculnya berbagai situs dengan menyediakan berbagai layanan yang memudahkan kita . Be a smart traveler..

1 comment:

intansliw said...

Om ayo tulis tentang I AM Sterdam nyaaaa...