Tuesday, November 04, 2008

US General Elections : My Perspective

Magetan, 4 November 2008

Sepanjang sejarah Amerika Serikat, pilpres tahun 2008 kali ini yang gaungnya agak istimewa di Indonesia. Gara-garanya pasti Barrack Obama, salah satu kandidat presiden, pernah tinggal di Indonesia. Tepatnya daerah Menteng Dalam - Jakarta pada dekade 70an selama sekitar 5 tahun.

Sejauh mana kita boleh berharap kepada Mr. Obama. Barry, begitu ia biasa dipanggil, berpeluang untuk mengembalikan citra dan wajah AS sebagai bangsa dan negara adidaya yang manusiawi, mencintai keberagaman dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi (harapan masyarakat Indonesia dan dunia).

Akan tetapi, tidak berlebihankah ketika kita, bangsa Indonesia, terlalu “memperhatikan” persoalan rumah tangga negara lain? Ketika semua berita seputar pilpres AS ini dikupas habis oleh media massa dalam berbagai rubrik dan acara. Kita semua menjadi “lupa” atau “melupakan” permasalahan dalam negeri ini.

Krisis finansial dari AS yang berhembus ke belahan bumi Indonesia, kelangkaan BBM di berbagai daerah, bencana lumpur Lapindo dan Tsunami di Aceh yang belum tertangani dengan tuntas, pembunuhan dengan berbagai modus, korupsi di lembaga pemerintahan dan kasus hukuman mati pada beberapa pelaku kejahatan dengan berbagai motif (pembunuhan berantai, pembunuhan berencana, terorisme, narkoba, dll). Kita juga melupakan persiapan pemilu 2009, bahkan Pilkada Jawa Timur putaran 2. (saya sebagai warga Jawa Timur merasa akses informasi putaran 2 ini sangat minim).

Inilah cermin bangsa ini. Selalu antusias dengan ” dapur” bangsa lain. Sementara rumah kita sendiri penuh dengan berbagai ”masalah” yang memerlukan perhatian & pemikiran dari segenap rakyatnya. Marilah kita semua mulai memberi penghargaan kepada bangsa kita sendiri.
Majulah Indonesia Raya

”Kita sedang memasuki peradaban dungu, yang memuja apa saja yang palsu”

No comments: