Wednesday, March 02, 2011

My Social Network

Sedikit terinspirasi oleh film dan bukunya, yang keduanya membutuhkan konsentrasi total untuk menikmatinya, saya merasa tergerak untuk memberikan perspektif saya mengenainya. Tak bisa disanggah, kehidupan kita semua pasti diberi aneka rasa oleh Social Network. "Kita" disini maksutnya kita semua (karena yang membaca blog ini pasti pakai internet, dan 99,9 % pasti bersocial network, blog kan salah satu-nya.. :)
-------------------------------------------------------------------------------------------

Sebelum si jenius Zuckerberg membidani Facebook, pertama kali saya berkenalan dengan Yahoo melalui siwa_gemini@yahoo.com yang saya buat selesai upacara 17 Agustus 2001 di Chit_Chat Net Cafe dengan biaya Rp.5,000 yang ditanggung 3 org.. Patungan anak SMA ceritanya. Saat pertama itu saya juga "diajari" bagaimana mencari keindahan seorang wanita dalam dunia maya. Masih ingat bagaimana saat itu kami senang sekali melihat tante Spears dalam gayanya yang sensual.. Ha3x..

Itu adalah momen pertama dan terakhir surfing dunia maya saat SMA, sampai dengan pertemuan berikutnya di ITS. Karena email lama sudah hangus akibat expired, saya membuat account kedua saya siwa_tekkim@plasa.com. Maksut pembuatannya adalah untuk menjaga silaturahmi dengan sahabat SMA saya yang mulai menjadi "orang maya". Masih ingat saya buat account ini pada 2 November 2002, tepat sebelum pemberangkatan camp ke Coban Talun. Sebelumnya, dari kampus saya mendapat kotak surat di siwa_chemeng@its.ac.id (lupa persisnya karena jarang saya gunakan) mulai 12 September 2002.

Oktober 2005 saya mengenal Friendster. Saat itu, situs ini membuat kami, para mahasiswa, menjadi "rajin" ber-warnet ria, tentunya dengan berpatungan, satu komputer berdua atao bertiga. Ha3x.. Bahkan kami "rela" membobol IP dosen untuk berFs ria malam hari. Hal ini didasari pengalaman IP conflict di siang hari yang membuat lab teman saya di block akses IT nya sampai ada kambing hitam-nya.. :p

Nov 2005 saya mengenal blogger dengan dilundurkannya Siwa Ungu alias http://sigitwahono.blogspot.com ini. Kisah lucu di balik pemberian atribut "ungu" ini.. Ah, kisah sedih di hari minggu intinya.. :p Meski hot n cold, blog ini masih bertahan sampai sekarang, semacam kaleidoskop bagi saya. Meski beberapa tulisan adalah copy paste dari berbagai sumber, jangan khawatir, saya tetap memberi nuansa lain, tentunya versi saya.

25 Februari 2006 saya baru kembali ke Yahoo. Saat itu lebih karena tuntutan join ke mailing list yahoogroups angkatan. Maklum, plasa memiliki kapasitas gratis terbatas dan cenderung berpenampilan nerd.. Tapi keterpaksaan yang membawa berkah. Yahoogoups memiliki banyak komunitas yang bermanfaat sesuai kebutuhan. Beberapa milis yang pernah dan masih saya ikuti : IPApapat, Kapapatloro, Altekmits, IKA-ITS, IKA tekkim Banten, Indoheadhunters, Guyon Yuks, Saint Seiya, Cement Indonesia, Indobackpacker, Flashpacker Indonesia, esge2008, SG2008 dan beberapa saya lupa..

Facebook account saya mulai berdiri Januari 2009, sekitar tanggal 9-11, tepatnya saya lupa. Awalnya saya acuhkan undangan teman untuk membuat account disini, tentu karena saya mengganggap sudah ada fs.. Dalam perkembangannya, jejaring inilah yang sangat berpengaruh dalam perjalanan saya ke depan sampai saat ini (alay banget ini...). Ruang ini pada awalnya hanya sebagai ajang rumpi dan narsis teman-teman dekat. Penemuan teman teman lama yang berlanjut dengan reuni dan obrolan nostalgia masa lalu. Menemukan teman teman baru yang memberi inspirasi dan sharing berbagai hal.. Dari facebook, saya menemukan semangat dan persepektif berbeda tentang nilai sebuah traveling (panjang ceritanya.. he3x..). Diawali oleh account ini pulalah, saya dekat, jatuh cinta dan menemukan orang yang mengerti saya sepenuhnya.. Tapi gara-gara nakal disini, saya pernah kena warning keras.. Skip for this story.. :p

Ketika mulai merasakan kejenuhan dengan FB (jenuh bukan brarti tak sayang), saya berselingkuh dengan miniblogging 160 kata, Twiter. 23 Februari 2010 tepatnya, saya ingat betul karena ada teman yang "protes" saya buat account pas ultahnya.. Mana saya tahuuuu.. ho3x.. Awalnya saya pasif berkicau, ketika ganti gadget dan menyediakan kemudahan dan tampilan ekstra untuk jejaring ini, saya mulai aktif..

Account terakhir yang saya buat adalah Gmail, kali ini dengan alasan safety dan privasi. Setelah sekian lama hanya menggunakan fasilias search engine-nya, Nov 2010 saya membuat account disini. Setelah beberapa kali account yahoo dan facebook saya direbut dan di kuasi oleh orang iseng. Ternyata, kehilangan salah satu account dalam dunia maya membuat kita kelimpungan..

Di luar account utama tersebut, saya juga punya beberapa ID untuk di forum-forum diskusi (detik forum sejak Oktober 2008 dan KasKus sejak Januari 2011) meski hanya kebanyakan pasif. Identitas lain adalah member di sebagian besar maskapai dalam negeri dan satu luar negeri (sudah bisa di tebak apa yang satu ini). Tak lupa blog lain juga dalam Kompasiana, dimulai pada Juli 2010 dan tidak aktif lagi setelahnya.. He3x.. Tentu masih banyak lagi yang lain, tepatnya saya lupa, sebagian adalah photobucket, astaga, KSI (komunitas sekolah indonesia), jobsDB, internet banking, email kantor mulai sg1, sg2 dan sg saja dan banyak lainnya... :p

Banyak alasan kita mengambil bagian dalam berbagai social network. Mulai dari yang sederhana semisal reuni, silaturahmi dan komunikasi, sedikit komplek untuk bisnis, cari pasangan dan relasi, sampai dengan yang serius seperti mengaktualisasikan diri dan mengganggu privasi orang.. ha3x..

"So, Follow me on my social network..."

No comments: