Sunday, June 03, 2012

One Night, One Stage : NKOTBSB


Akhirnya, konser ini berhasil diselenggarakan secara sukses. Di tengah kabar menyesakkan tentang batalnya konser Lady Gaga (saya sudah beli tiketnya juga -red), konser ini menjadi sebuah pertunjukkan nostalgia yang apik. Pada masanya, kedua boyband ini mempunyai tempat tersendiri di industri musik. Hal ini terbukti dengan pencapaian  penjualan rekaman dan prestasi di tangga lagu di berbagai negara, khususnya US dan UK.

Namun, mungkin sudah menjadi kutukan boyband, keberhasilan mereka seringkali dicibir. Mulai tidak bisa bernyanyi, mengandalkan tampan, merusak industri musik dan sejumlah stereotype negatif lainnya. NKOTB pernah dihujat habis-habisan karena lipsync dan menggunakan backing vocal saat pertunjukkan. Bahkan, saya masih ingat betul, Jamiroquai memenggal kepala patung yang di wajahnya ditempeli foto personel Backstreet Boys saat pagelaran Woodstock 1999 lalu..

Awalnya, sada dapat info rencana konser gabungan ini sejak bulan Februari lalu.  Saat  pembukaan penjualan online, saya langsung ikut berebut tanpa pikir panjang. Maklum saja, saat online presale  (Desember 2011) dan penjualan offline di Jakarta (Januari), tiket langsung sold out. Tak mau kehabisan, saya langsung membuat account Raja Karcis dan bersiap di antrian online pertama. Ketika pembayaran kartu kredit gagal, saya segera berpindah melalui cara virtual account. Akhirnya, tiket saya dapatkan setelah beberapa hari menunggu verifikasi pembayaran, hadeww ribet emang.. (Ditambah, voucher ini harus saya tukarkan dengan tiket di outlet Raja Karcis Jakarta atau langsung di venue.

The Venue & The Fans

Berlian Entertainment selaku promotor memilih Mata Elang International Stadium (MEIS), Ancol sebagai lokasi. Dari hasil browsing, tempat ini adalah venue indoor dengan kapasitas terbesar di Asia Tenggara, mampu menampuang 20,000 pengunjung.

Sayangnya, tempat ini sebenarnya belum selesai dibangun dan masih dalam tahap penyelesaian akhir. Lantai sebagian besar belum terpasangi ubin keramik, atap belum di cat, interior masih belum maksimal dan masih terlihat beberapa pekerja yang lembur. Kesannya, menjadi sedikit dipaksakan. Meskipun, beberapa konser besar lainnya, Dream Theatre dan Roxette sudah lebih dulu digelar disini. Pengelola yang tidak mau rugi untuk segera mendapat pemasukan atau memang karena belum ada venue lain yang representatif..

Satu lagi sedikit ganjalan adalah mengenai harga tiket pertunjukkan. Mahallll... Penyelenggara memang benar - benar mengetahui target pasar konser ini. Siapa lagi kalau bukan penggemar mereka yang saat ini telah sukses menjadi para eksekutif muda / tua yang dianggap punya kantong tebal. Hadeww.. Ditambah lagi, kenyataan bahwa konser ini menjadi incaran para fans luar negeri di sekitar Indonesia. Maklum, untuk tour kali ini, NKOTBSB hanya menyambangi Asia di negara kita dan Filipina. Bahkan saya melihat beberapa fans dengan bendera Korea dan pakaian Hanbok.. Salut untuk kerja keras promotor meyakinkan mereka mau mampir...

The Show

Puasss.... Inilah konser reuni pertama yang saya datangi. Masa kejayaan mereka memang sudah lewat, namun karya mereka memang telah dan masih menjadi bagian dalam perjalanan hidup para penonton. Justru, hal itulah yang membuat atmosfere pertunjukan menjadi berbeda. Penonton yang sebagian besar adalah penggemar setia kedua boyband makin membuat nuansa nostalgia yang penuh kenangan. Kami seperti tersihir kembali ke masa muda. Masa penuh semangat, menyenangkan, serasa tanpa beban, dan tentunya masa penuh kenaifan...


Kira - kira dua jam kami disuguhi lagu - lagu fenomenal keduanya. Teriakan, koor panjang, dan histeria penonton yang sebagian besar wanita dan tentu saja tak lagi muda. Ha3x... Jujur, saya hanya mengetahui beberapa hits NKOTB dari hasil download yang saya insert ke ipod beberapa minggu sebelumnya. Begitu melihat penampilan mereka secara live, saya mulai menyukai beberapa lagu Sedangkan untuk BSB, saya tidak hanya makin menyukai lagu mereka yang selama ini selalu saya pilih saat karaoke., namun mulai ngeh dengan beberapa lagu lain yang ternyata juga layak untuk dinyanyikan saat karaoke.. He3x.. Satu yang disayangkan, More Than That tidak masuk dalam playlist yang dinyanyikan.. Hiks..hiks..



--------------------------------

Saya melalui masa ABG ditemani karya mereka. Saya memang tidak mendeklarasikan diri sebagai BSB Soldiers, tapi saya hapal lagu hits mereka. Saya mempunyai kaset album mereka yang Millenium dan VCD bajakan video klip mereka. Bahkan, saya rela menyalin lirik lagu mereka di buku catatan. Ha3x..

Satu hal yang bisa saya ambil sebagai pembelajaran adalah mengenai passion mereka. Passion yang mampu membawa mereka bangkit kembali setelah masa kesuksesan telah lewat. Salah satu personel NKOTB, Joey Mc Intyre pernah mengurung diri selama 3 bulan di hotel dan hanya makan mie instan setelah grupnya bubar. Selanjutnya, dia harus pontang - panting mencari label rekaman untuk album solonya. Jordan Knight, mungkin memang mudah mendapat label rekaman solonya, namun dia rela menjadi penyanyi pembuka untuk konser BSB.. Nick Carter juga berjuang mengatasi ketergantungan alkohol dan obat untuk bangkit kembali membangun karir...

Mungkin konser kali ini bukan kebangkitan mereka, namun kerja keras mereka menunjukkan bahwa semangat dan passion mereka masih ada. Bahkan, BSB berencana akan reuni berlima setelah Kevin memutuskan kembali bergabung. Pastinya saya menunggu album baru mereka yang direncanakan rilis tahun ini..

“Don't cry because it's over, smile because it happened.”  (Dr. Seuss)

2 comments:

Ferdynand said...

thanx gan, udah ngajak ane nonton ini,,lebih tepatnya "membantu" ane nonton ane konser ini,,hehe.. awalnya ane rada keberatan sih, mengingat harga tiketnya yang mahal amirr,,, apalagi (waktu itu)ane bukan penggemar NKOTB, rada gak rela sih sebenarnya ngeluarin duit buat nonton nih konser.. tapi ternyata setelah nonton, benar2 puas,,beyond expectations!!!!!gak rugi dah pokoknya. gini nih ibarat kita pengen nyervis motor tapi malah dikasih motor baru sm bangkel., (engg,, entah apa maksudnya itu)

2 jam yg menyenangkan di MEIS ancol,walau masuk venuenya kayak tahanan yg mau digiring masuk penjara,,dan pulangnya sempat ngegembel di pintu keluar ancol,,haha...

SG Wahono said...

Ngegembel bener demi konser satu ini.. Naik taxi gak jelas mau kemana. Jam 1 malam masih makan bebek sendal jepit (alootttt), jam 2 an sudah stand by di bandara... Hadewww.

Gak mahal juga sih, cuma sayang kurang lama.. More Than That juga gak di playlist-in...