Thursday, August 25, 2011

Mudik Lebaran

25 hari sudah Ramadhan berlalu euy.... Siapkan diri untuk mudik. Rutinitas tahunan yang selalu membuat excited, tapi juga membuat puyeng kepala. Ngatur cuti, cari transportasi, oleh-oleh, atur jadwal di kampung dan seabrek kesibukan kecil lainnya.. Bagi saya-single, THR lumayan, kampung dekat dan cuti terjamin (maklum kantoran, gak perlu nyesuaikan jadwal pabrik.. ha3xx)- mudik tetap memerlukan sedikit perencanaan dan trik..
-----------------------------------------------------------------
Beberapa yang saya praktekkan (keberhasilan tergantung niat dan amal ibadah. He3x..)

1. Nuker Uang Receh Jauh Hari

Waktu kuliah dan awal kerja, angpao tidak menjadi masalah karena belum wajib. Maklum belum ada pemasukan atau gaji yang pas-pas an. Alhamdulillah, 3 tahun terakhir sudah ada rejeki yang bisa dibagi ke ponakan-ponakan. Mempersiapkan angpo juga menjadi masalah (atau kita yang menjadikan masalah), maklum ATM kan paling kecil uang biru, wah bisa bangkrut. Nuker di bank repot euy... Nukar di pedagang uang receh komersial di pinggir jalan juga bukan cara bijak..

Lalu bagaimana caranya ? Tentu saja, nitip teman yang kerja di bank. Ha3x.. Biar tidak merepotkan dan pasti mendapatkan jumlah sesuai keinginan, minta tolongnya sejak awal puasa atau bahkan sebelumnya.. Gak punya teman di bank ? kasihan amat.. Gak punya duit awal Ramadhan ? nabung euy, kalender sejak awal dibagi kan sudah jelas kapan lebaran. Ha3x..

2. Milih Transportasi Ideal

Prinsip awal, jangan ngirit. Lebaran semua transport bakal naik. Bus, kereta, pesawat, travel naik besar-besaran. Maklum, sejak nenek moyang kita, bisa dibilang pemerintah "belum bisa' memberi warga negara transportasi layak dan terjangkau saat mudik. So, anticipated that..

Kalo mau ngirit, cari tebengan.. Seperti saya yang dua lebaran terakhir sukses mudik gratisan. Tapi, risiko tanggung snediri.. Dua tahun lalu, saya terjepit di antara koper, tas dan kardus oleh-oleh... Tahun lalu, mobil tebengan mogok gara-gara teman lupa nyervis.. Ha3x.. Untung persis di depan kantor Polsek..

Selanjutnya, jangan memaksakan diri. Berada di rumah saat lebaran memang penting, tapi kenyamanan dan keselamatan itu yang utama. Kalo gak ada duit, ya gak usah pulang atau pulang ketika tiket masih/sudah normal. Insya Allah orang tua memahami.

Saat kerja di Cilegon, saya mudik selepas Sholat Ied. Tidak terburu-buru dan jalan sudah tidak semacet sebelumnya.. Alhasil, Cilegon - Magetan bisa ditempuh dalam 18 jam, tidak seperti teman saya yang terpaksa menempuh selama 29 jam.. Dan juga, adat di kampung ane, open house nya baru hari kedua.. Pas Mantab..

Ingat juga, fleksibel.. Tahun ini saya berniat pulang besok malam, eh tiket travel habis.. (Soalnya merencanakan tebengan, eh yang diandelin sudah mudik.. Ha3x..). Alhamdulillah, masih dapat tiket buat sabtu pagi.. Gak bisa jumat, ya sabtu. Ga bisa travel, ya bus.. Gak bisa mudik, ya kasihan banget.. Ha3x.. Enjoy Saja..

3. Gak Usah Bawa Oleh-Oleh

Ini saya yang dasarnya males beli dan ribet atau pelit.. Biarin.. Kalo saya pikir, di rumah sudah banyak makanan euy, kecuali kalo memang mudiknya di daerah desa banget yang apa-apa susah.. Ha3x.. Secara jaman sekarang, mini market sudah merajalela dengan segala kebutuhan Hari Raya, beli saja disana. Orang di rumah itu lebih senang menyambut kita loh, jadi semakin kita berdayakan maka akan semakin senang.. (kan kita yang merantau ini yang mestinya disambut.. Ha3x..).. Perut kenyang, hati riang, semuanya senang..

Pengalaman sebelumnya, saya membawakan baju untuk ponakan dan ortu. Malah ribet sendiri. Susah milihnya, bawanya dan belum tentu sesuai kebutuhan.. Makanya, tahun ini saya cukup kasih dana ke kakak ipar untuk dibelikan baju ponakan dan kebutuhan hari raya nanti.. Benar-benar praktis dan tepat guna.

P.S : jangan lupa BB, hape, ipod, buku dll untuk hiburan sepanjang jalan..

Selamat Mudik... Be Creative, Keep it simple and safe

1 comment:

Rima said...

tahun ini aku ada ide yang memang perlu sedikit uang, jadi oleh2 baju lebaran buat keponakan (keponakannya cuma 3 sich) aku kirim lewat courier, jadi ga' nambah bawaan sewaktu mudik.